Pengertian Sorting
Dalam arti bahasa sorting adalah penyortiran atau memilih-milih.
Pada struktur data Sorting adalah sebuah metode untuk pengurutan data,
misalnya dari data yang terbesar ke data yang terkecil. Dengan cara program
yang dibuat harus dapat membandingkan antar data yang di inputkan.
Artinya jika ada deretan data, maka data yang pertama akan membandingkan dengan data yang kedua. Jika data yang pertama lebih besar dari pada data yang kedua maka data yang pertama akan bertukar posisi dengan data yang kedua, begitu seterusnya sampai benar-benar data terurut dari yang terbesar hingga yang terkecil.
Metode sorting sangat banyak dan berkembang ada Bubble sort, Selection Sort, Insertion sort, Merge sort, Quick sort. Metode-metode ini menggunakan caranya sendiri untuk membandingkan, memeriksa dan menukar posisi data. Namun tidak semua metode sorting ini efektif. Karena metode sorting yang paling efektif adalah ketika metode tersebut dapat melakukan pengurutan data dengan cepat dan tidak memerlukan banyak memori.
Pengetian Metode Bubbel Sort dan Metode Selection Sort
1. Pengetian Metode Bubbel Sort
Bubble sort (metode gelembung) adalah metode atau algoritma pengurutan dengan cara melakukan penukaran data dengan tempat disebelahnya jika data sebelum lebih besar dari pada data sesudahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan, atau telah terurut dengan benar. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci atau data akan dengan lambat menggelembung atau membandingan data ke posisinya yang tepat.
Metode ini mudah dipahami dan diprogram, tetapi bila dibandingkan dengan metode lain yang kita pelajari, metode ini merupakan metode yang paling tidak efisien karena memiliki banyak pertukara sehingga memerlukan pengalokasian memori yang besar untuk menjalankan metode ini.
2. Pengertian Metode Selection Sort
Selection Sort berbeda dengan Bubble sort. Selection Sort pada dasarnya memilih data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yaitu bagaian yang sudah diurutkan dan bagian yang belum di urutkan.
Langkah pertama dicari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir. Kemudian data terkecil ditukar dengan data pertama. Dengan demikian, data pertama sekarang mempunyai nilai paling kecil dibanding data yang lain. Langkah kedua, data terkecil kita cari mulai dari data kedua sampai terakhir. Data terkecil yang kita peroleh ditukar dengan data kedua dan demikian seterusnya sampai semua elemen dalam keadaan terurutkan. Metode ini lebih efektif dari pada metode bubble karena tidak memerlukan banyak pertukaran dan pengalokasian memori.
Artinya jika ada deretan data, maka data yang pertama akan membandingkan dengan data yang kedua. Jika data yang pertama lebih besar dari pada data yang kedua maka data yang pertama akan bertukar posisi dengan data yang kedua, begitu seterusnya sampai benar-benar data terurut dari yang terbesar hingga yang terkecil.
Metode sorting sangat banyak dan berkembang ada Bubble sort, Selection Sort, Insertion sort, Merge sort, Quick sort. Metode-metode ini menggunakan caranya sendiri untuk membandingkan, memeriksa dan menukar posisi data. Namun tidak semua metode sorting ini efektif. Karena metode sorting yang paling efektif adalah ketika metode tersebut dapat melakukan pengurutan data dengan cepat dan tidak memerlukan banyak memori.
Pengetian Metode Bubbel Sort dan Metode Selection Sort
1. Pengetian Metode Bubbel Sort
Bubble sort (metode gelembung) adalah metode atau algoritma pengurutan dengan cara melakukan penukaran data dengan tempat disebelahnya jika data sebelum lebih besar dari pada data sesudahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan, atau telah terurut dengan benar. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci atau data akan dengan lambat menggelembung atau membandingan data ke posisinya yang tepat.
Metode ini mudah dipahami dan diprogram, tetapi bila dibandingkan dengan metode lain yang kita pelajari, metode ini merupakan metode yang paling tidak efisien karena memiliki banyak pertukara sehingga memerlukan pengalokasian memori yang besar untuk menjalankan metode ini.
2. Pengertian Metode Selection Sort
Selection Sort berbeda dengan Bubble sort. Selection Sort pada dasarnya memilih data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yaitu bagaian yang sudah diurutkan dan bagian yang belum di urutkan.
Langkah pertama dicari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir. Kemudian data terkecil ditukar dengan data pertama. Dengan demikian, data pertama sekarang mempunyai nilai paling kecil dibanding data yang lain. Langkah kedua, data terkecil kita cari mulai dari data kedua sampai terakhir. Data terkecil yang kita peroleh ditukar dengan data kedua dan demikian seterusnya sampai semua elemen dalam keadaan terurutkan. Metode ini lebih efektif dari pada metode bubble karena tidak memerlukan banyak pertukaran dan pengalokasian memori.
1. Selection Sorting Ascending
case 1 :
printf("\nInputkan banyak data yang akan diurutkan : ");
scanf("%i", &n);
Urut = 1;
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Masukan data ke %i : ", i + 1);
scanf("%i", &Arr[i]);
}
for(i = 0; i < n - 1; i++) {
iMin = i;
for(j = Urut; j < n; j++) {
if(Arr[j] < Arr[iMin]) {
iMin = j;
if(Arr[i] != Arr[iMin]) {
Tmp = Arr[i];
if(Arr[i] > Arr[iMin]) {
Arr[i] = Arr[iMin];
Arr[iMin] = Tmp;
}
}
}
}
Urut = Urut + 1;
}
printf("\nSetelah Pengurutan\n");
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Elemen ke %i : %i\n", i + 1, Arr[i]);
}
getch();
break;
2. Selection sorting descending
case 2 :
printf("\nInputkan banyak data yang akan diurutkan : ");
scanf("%i", &n);
Urut = 1;
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Masukan data ke %i : ", i + 1);
scanf("%i", &Arr[i]);
}
for(i = 0; i < n - 1; i++) {
iMin = i;
for(j = Urut; j < n; j++) {
if(Arr[j] > Arr[iMin]) {
iMin = j;
if(Arr[i] != Arr[iMin]) {
Tmp = Arr[i];
if(Arr[i] < Arr[iMin]) {
Arr[i] = Arr[iMin];
Arr[iMin] = Tmp;
}
}
}
}
Urut = Urut + 1;
}
printf("\nSetelah Pengurutan\n");
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Elemen ke %i : %i\n", i + 1, Arr[i]);
}
getch();
break;
3. Bubble Sorting (Ascending)
case 3 :
printf("\nInputkan banyak data yang akan diurutkan : ");
scanf("%i", &n);
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Masukan data ke %i : ", i + 1);
scanf("%i", &Arr[i]);
}
for(i = 1; i < n; i++) {
for(j = 0; j < n - 1; j++) {
if(Arr[j] > Arr[j + 1]) {
Tmp = Arr[j];
Arr[j] = Arr[j + 1];
Arr[j + 1] = Tmp;
}
}
}
printf("\nSetelah Pengurutan\n");
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Elemen ke %i : %i\n", i + 1, Arr[i]);
}
getch();
break;
4. Bubble Sorting (Descending)
case 4 :
printf("\nInputkan banyak data yang akan diurutkan : ");
scanf("%i", &n);
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Masukan data ke %i : ", i + 1);
scanf("%i", &Arr[i]);
}
for(i = 1; i < n; i++) {
for(j = 0; j < n - 1; j++) {
if(Arr[j] < Arr[j + 1]) {
Tmp = Arr[j];
Arr[j] = Arr[j + 1];
Arr[j + 1] = Tmp;
}
}
}
printf("\nSetelah Pengurutan\n");
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Elemen ke %i : %i\n", i + 1, Arr[i]);
}
getch();
break;
5. Insertion Sorting (Ascending)
printf("\nInputkan banyak data yang akan diurutkan : ");
scanf("%i", &n);
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Masukan data ke %i : ", i + 1);
scanf("%i", &Arr[i]);
}
for(i = 1; i < n; i++) {
Tmp = Arr[i];
j = i - 1;
while(Arr[j] >= Tmp && j > 0) {
Arr[j + 1] = Arr[j];
j = j - 1;
}
if(Tmp >= Arr[j]) {
Arr[j + 1] = Tmp;
} else {
Arr[j + 1] = Arr[j];
Arr[j] = Tmp;
}
}
printf("\nSetelah Pengurutan\n");
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Elemen ke %i : %i\n", i + 1, Arr[i]);
}
getch();
break;
6. Insertion Sorting (Descending)
case 6 :
printf("\nInputkan banyak data yang akan diurutkan : ");
scanf("%i", &n);
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Masukan data ke %i : ", i + 1);
scanf("%i", &Arr[i]);
}
for(i = 1; i < n; i++) {
Tmp = Arr[i];
j = i - 1;
while(Arr[j] <= Tmp && j > 0) {
Arr[j + 1] = Arr[j];
j = j - 1; }
if(Tmp <= Arr[j]) {
Arr[j + 1] = Tmp;
} else {
Arr[j + 1] = Arr[j];
Arr[j] = Tmp; }}
printf("\nSetelah Pengurutan\n");
for(i = 0; i < n; i++) {
printf("Elemen ke %i : %i\n", i + 1, Arr[i]); }
getch();