Nama : Lukas sako
Nim : 11110080
Kelas : B
1.
Ceritakan
mengapa kita perlu belajar grafik?
Dari
pengertian grafik saja mengatakan bahwa proses untuk menciptakan suatu
gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada
gambar tersebut atau teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek
tersebut di alam nyata (realism).dimana kita mempelajari pembuatan gambar
dengan menggunakan komputer dengan demikian kita akan menyimpan dan
memanipulasi suatu model dan citra.
2.
Berikan
contoh-contoh grafik komputer?
1. Bidang hiburan.misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek
animasi yang baik.
Contoh Karya Animasi Dalam Sebuah Film
2. Bidang Pendidikan. grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point
ataupun software lainnya.
Contoh Sebuah Presentasi
3.
.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.
Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven.
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven.
Gambar Video game menggunakan grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan tertris dan permainan sepakbola.
5.
Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD.
6.
Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7.
Visualisasi Data
Visualisasi
Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan
pesan.Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website,
visualisasi hasil data mining.
3.
Apa
saja parameter untuk menentukan kualitas grafik? Berikan contohnya
Konsep Dasar Dari Grafik Komputer,Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
1.
Pemodelan
geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dans 3D.
2.
Rendering:
memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.
Animasi:
Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung
waktu
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
1. Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara
aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
2. Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan
memanggil graphics library
3. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi
dll.
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Dasar Matematika yang Diperlukandalam Grafik Komputer
1. Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
2. Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
1.
Geometri
2.
Pemrosesan
Citra untukDitampilkan di Layar
3.
Hardware
Display Grafik :Vektor dan Raster
1.
Vetor
(calligraphic, stroke, random-scan)
2.
Raster
(bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer
Tools Pendukung Pemodelan Grafik Komputer :
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout) Program ini sering digunakan untuk
keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang
sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil
dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis .Program yang termasuk dalam kelompok ini
dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering
disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa
kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi
yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar. Program yang termasuk dalam kelompok ini
dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah: Adobe Photoshop, Corel
Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live
Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright
Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.
4. Aplikasi Pengolah Film/Video. Program yang termasuk dalam kelompok ini
dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian
judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah
menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect)
seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat
menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio
5. Aplikasi Pengolah Multimedia. Program yang termasuk dalam kelompok ini
biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi
promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD
maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar,
dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih
interktif dan menarik.
4.
Grafik
digunakan pada bidang apa saja? Berikan contohnya!
- Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.
Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan
dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya
akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya.
- Bidang Hiburan
Pada sekarang ini semua acara
hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun, iklan
di TV hingga acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.
Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin
menarik
- Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat
melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek
ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan. Tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.
Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka
manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
- Aplikasi Permainan
Untuk grafik komputer pada games ini
memang sangat dibutuhkan mulai dari pembuatan awal sampai proses manipulasi
dimana pada prosesnya dapat diterapkan juga dengan teknik pengolahan citra,
seperti dalam pemberian warna pada gambar-gambarnya,agar game tersebut terlihat
lebih menarik. Hampir semua aplikasi permainan itu memanfatkan modus grafik.
Aplikasi permainan itu sendiri terdiri dari, aplikasi strategi aplikasi tembak
dan lari dan masih banyak lagi yang lainnya.