Hubungan antara E-business, E-commerce, dan E-marketing


  1. Adakah keterkaitan antara E-business, E-commerce, dan E-marketing ? Jelaskan!
Jawaban:
Ada, keterkaitan e-bussiness, e-commerce, dan e-marketing sangat erat kaitannya. Saat ini banyak perusahaan menggunakan system yang bersifat online didalam menjalankan pemasaran produknya guna memperluas segmentasi market nantinya. Peluang untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain tersebut harus dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan E-Commerce untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis inti yang digelutinya
Dampak dari teknologi untuk perkembangan bisnis di Indonesia sebagai berikut :
- Jangkauan global
- Pengurangan biaya operasi
- Perbaikan rantai pasokan
- Penambahan jam buka: 24/7/365
- Kustomisasi
- Model bisnis baru
- Spesialisasi vendor
- Kecepatan time-to-market
- Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
- Efisiensi pengadaan

2.    Terangkan bagaimana dampak/pengaruh teknologi terhadap perkembangan bisnis di Indonesia ?
Jawaban:
Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari - hari. Dalam era yang disebut “ information age ” ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. E-commerce merupakan extension dari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. Pendapat yang sangat berlebihan tentang bisnis ‘dotcom’ atau bisnis on-line seolah-olah mampu menggantikan bisnis tradisionalnya (off-line). Kita dapat melakukan order dengan cepat di internet dalam orde menit, tetapi proses pengiriman barang justru memakan waktu dan koordinasi yang lebih rumit, bisa memakan waktu mingguan, menurut Softbanks Rieschel, Internet hanya menyelesaikan 10% dari proses transaksi, sementara 90 % lainnya adalah biaya untuk persiapan infrastruktur back-end, termasuk logistik. Reintiventing dunia bisnis bukan berarti menggantikan system yang ada, tapi justru komplemen dan ekstensi dari system infratruktur perdagangan dan produksi yang ada sebelumnya.

 3.     Terangkan Model Bisnis e-commerce dan kira-kira bagaimana penerapannya untuk UKM-UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia? Apa yang harus dipersiapkan!
Jawaban:
 - Milikilah situs web yang terkesan profesional
- Buatkan nomor telepon Hotline-nya
- Buatkan Voice Mail yg terdengar profesional
- Gunakan Alamat yg Benar dan Jelas
- Gunakan alamat email domain Anda
- Buat Kartu Nama yg representative
- Jangan menakut-nakuti mereka

 4.     Terangkan fungsionalitas pengembangan usaha e-commerce dengan pendekatan karakteristik ekonomi digital. Bisa termasuk kelebihan dan kekurangannya?
Jawaban:
Fungsionalitas pengembangan usaha e-commerce dengan pendekatan karakteristik ekonomi digital dilakukan dengan cara, memahami keberadaan E-Commerce dalam kerangka bisnis perusahaan bukanlah merupakan suatu hal yang mudah. Vince Barabba dari General Motors mengatakan bahwa diperlukan suatu kemampuan berfikir secara lateral (outside the box) untuk dapat memahami karakteristik dan peluang-peluang bisnis yang ditawarkan oleh E-Commerce dan kemampuan untuk melakukan “learning” harus dimiliki oleh segenap stakeholders perusahaan, lebih dari hanya sekedar “knowing” mengenai perkembangan teknologi informasi.

 5.      Seperti apakah web ecommerce itu?,terangkan dan jelaskan contoh-contohnya?
Jawaban:
Beberapa contoh web ecommerce
Site Design, menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan tampilan website dan sistem menu yang dipergunakan.
Site Functionality, menyangkut beragam fasilitas dan kemudahan yang tersedia di website.
Customer Value, menyangkut berbagai aspek manfaat yang dapat secara langsung dirasakan oleh para pelanggan yang mengakses website terkait.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama