1. Adakah keterkaitan antara E-business, E-commerce, dan E-marketing ? Jelaskan!
Jawaban:
Ada, keterkaitan e-bussiness, e-commerce, dan e-marketing sangat erat
kaitannya. Saat ini banyak perusahaan menggunakan system yang bersifat online
didalam menjalankan pemasaran produknya guna memperluas segmentasi market
nantinya. Peluang untuk membangun jejaring dengan berbagai institusi lain
tersebut harus dimanfaatkan karena dewasa ini persaingan sesungguhnya terletak
pada bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan E-Commerce untuk
meningkatkan kinerja dalam bisnis inti yang digelutinya
Dampak dari teknologi untuk perkembangan bisnis di Indonesia sebagai berikut :
- Jangkauan global
- Pengurangan biaya operasi
- Perbaikan rantai pasokan
- Penambahan jam buka: 24/7/365
- Kustomisasi
- Model bisnis baru
- Spesialisasi vendor
- Kecepatan time-to-market
- Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
- Efisiensi pengadaan
Dampak dari teknologi untuk perkembangan bisnis di Indonesia sebagai berikut :
- Jangkauan global
- Pengurangan biaya operasi
- Perbaikan rantai pasokan
- Penambahan jam buka: 24/7/365
- Kustomisasi
- Model bisnis baru
- Spesialisasi vendor
- Kecepatan time-to-market
- Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
- Efisiensi pengadaan
2.
Terangkan bagaimana dampak/pengaruh teknologi terhadap perkembangan
bisnis di Indonesia ?
Jawaban:
Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya
perubahan kultur kita sehari - hari. Dalam era yang disebut “ information age ”
ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan
komunikasi dan bisnis. E-commerce merupakan extension dari commerce dengan
mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini
belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau
tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. Pendapat yang sangat
berlebihan tentang bisnis ‘dotcom’ atau bisnis on-line seolah-olah mampu
menggantikan bisnis tradisionalnya (off-line). Kita dapat melakukan order
dengan cepat di internet dalam orde menit, tetapi proses pengiriman barang
justru memakan waktu dan koordinasi yang lebih rumit, bisa memakan waktu
mingguan, menurut Softbanks Rieschel, Internet hanya menyelesaikan 10% dari
proses transaksi, sementara 90 % lainnya adalah biaya untuk persiapan
infrastruktur back-end, termasuk logistik. Reintiventing dunia bisnis bukan
berarti menggantikan system yang ada, tapi justru komplemen dan ekstensi dari
system infratruktur perdagangan dan produksi yang ada sebelumnya.
Jawaban:
- Milikilah situs web yang terkesan profesional
- Buatkan nomor telepon Hotline-nya
- Buatkan Voice Mail yg terdengar profesional
- Gunakan Alamat yg Benar dan Jelas
- Gunakan alamat email domain Anda
- Buat Kartu Nama yg representative
- Jangan menakut-nakuti mereka
- Buatkan nomor telepon Hotline-nya
- Buatkan Voice Mail yg terdengar profesional
- Gunakan Alamat yg Benar dan Jelas
- Gunakan alamat email domain Anda
- Buat Kartu Nama yg representative
- Jangan menakut-nakuti mereka
Jawaban:
Fungsionalitas pengembangan usaha e-commerce dengan pendekatan
karakteristik ekonomi digital dilakukan dengan cara, memahami keberadaan
E-Commerce dalam kerangka bisnis perusahaan bukanlah merupakan suatu hal yang
mudah. Vince Barabba dari General Motors mengatakan bahwa diperlukan suatu
kemampuan berfikir secara lateral (outside the box) untuk dapat memahami
karakteristik dan peluang-peluang bisnis yang ditawarkan oleh E-Commerce dan
kemampuan untuk melakukan “learning” harus dimiliki oleh segenap stakeholders
perusahaan, lebih dari hanya sekedar “knowing” mengenai perkembangan teknologi
informasi.
Jawaban:
Beberapa contoh web ecommerce
Site Design, menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan tampilan website dan sistem menu yang dipergunakan.
Site Functionality, menyangkut beragam fasilitas dan kemudahan yang tersedia di website.
Customer Value, menyangkut berbagai aspek manfaat yang dapat secara langsung dirasakan oleh para pelanggan yang mengakses website terkait.
Site Design, menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan tampilan website dan sistem menu yang dipergunakan.
Site Functionality, menyangkut beragam fasilitas dan kemudahan yang tersedia di website.
Customer Value, menyangkut berbagai aspek manfaat yang dapat secara langsung dirasakan oleh para pelanggan yang mengakses website terkait.