ISU DAN MASALAH
SOSIAL
DAMPAK PENGGUNAAN
TEKNOLOGI KOMPUTER
DI MASYARAKAT
Tugas Mata
Kuliah Komputer dan Masyarakat
Disusun oleh:
Lukas Sako
11110080
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA S1
SEKOLAH
TINGGI INFORMATIKA KOMPUTER
(STIKOM)
ARTHA BUANA KUPANG
2014
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur Saya Panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Pemilik dari semua ilmu
pengetahuan baik yang suda di ketahui manusia maupun yang belum di ketahui oleh
manusia, yang telah memberikan kami rahmatnya untuk menyusun makalah ini dalam
keadaan yang terbaik dari sang pencipta. Dengan izin dan kebesaranyalah kami
secara berkolompok mampu menyelesaikan makalah ini dengan judul Pemanfaatan
Komputer Masyarakat.
Besar harapan kami agar makalah ini
dapat bernilai ilmu pengetahuan dan bermanfaat untuk semua kalangan.Semua unsur
kebenaran dalam makalah ini datangnya dari Tuhan Yang Maha Esa, dan bila
terdapat banyak kekeliruan maka itu datangnya dari sisi Saya pribadi selaku
penyusun dan memintakan maaf atas hal itu, karena Saya menyadari bahwa Saya
manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa, selalu
mencurakan Rahmatnya dan Ilmu pengetahuannya untuk kita semua sebagai Kompas
untuk menopang Perjalanan kita kearah yang lebih bermanfaat dan baik.
Kupang, 21 Maret 2014
Penyusun
BAB. I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Melihat
Perkembangan zaman dan Perkembangan teknologi seakan dua unsur yang tidak bisa
terabaikan, dimana perkembangan zaman selalu di ukur dengan perkembangan
tekonologi yang terjadi di masyarakat. Masyarakat dan teknologi Komputer
diharapkan dapat berjalan serasi demi kemuajuan sebuah zaman saat ini. Komputer
Lahir di tengah-tengah masyarakat pada awalnya di harapkan dapat berfungsi
dengan Positif dan Bermanfaat untuk semua kalangan manusia.
Manfaat
Komputer dimasarakat saat ini sangat di harapkan dapat Berjalan dengan Positif
untuk dijadikan sebuah media teknologi, yang memudahkan, membantu, mempercepat
dan mendukung kinerja manusia dalam semua hal untuk menjadi Lebih baik dan
terarah.
Manfaat
Komputer dan Masyarakat itu sendiri adalah Sebuah cara bijak, dimana masyarakat
Mengunakan Komputer Sebagai media Teknologi yang dapat membantu setiap unsur
dalam kesatuan Masyarakat agar lebih muda Mengakses informasi dan Mempermuda
pekerjaan pada setiap Masyarakat secara menyeluruh.Pada dasarnya Komputer untuk
dapat bermanfaat Positif ataupun Negatif tergantung dari cara bagaimana setiap
individu masayarakat yang mengunakannya.
1.2. Masalah
Dengan
Bercermin pada keadaan Pemanfaatan Komputer dimasyarakat saat ini maka muncul berbagai
masalah penting yang harus kita pahami secara lebih seksama, diantaranya :
1.
Pemanfaatan Komputer yang tidak terbatas pada
masyarakat
2.
Kemudahan Masyarakat Mengakses Informasi Melalui media
Komputer
3.
Kurangnya Pengawasan Terhadap Masyarakat dalam Mengunakan
Komputer
4.
Perkembangan Komputer yang begitu cepat dimasyarakat
yang tidak dibaringi dengan perkembangan dan Pengetahuan Etika dalam Hal
Teknologi
5.
Kurangnya Sosialisasi Hukum Terhadap Masyrakat
Mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi atau Komputer
1.3. Penyelesain Masalah
Dengan
adanya masalah yang timbul terhadap cara pemanfaatan Komputer oleh masyarakat,
maka ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai Solusi untuk Permasalah
tersebut, antara lain:
1.
Adanya bentuk Pengawasan nyata terhadap Masyarakat
Mengenai Pemanfaatan Pengunanaan Komputer atau Teknologi Informasi baik oleh
pemerintah, swasta, mahasiswa dan masyarakat itu sendiri.
2.
Dilakukannya sosialisasi mengenai aturan hukum,
manfaat dan cara yang positif atau benar dalam pemanfaatan Komputer terhadap
masyarakat
1.4. Tujuan
Adapun
tujuannya adalah agar di temukan cara yang benar dalam pemanfaatan Komputer di
tengah-tengah masyarakat dan mampu menekan bahkan menghilangkan tindakan
negatif yang dilakukan melalui media teknologi informasi atau Komputer. Adapun
tujuan-tujuan yang kami coba capai antara lain:
1.
Mencoba Menciptakan Masyarakat yang benar dan bijak
dalam mengunakan Komputer
2.
Masyarakat yang mengakses informasi dapat fokus pada
tujuan mencari informasi yang baik
3.
Tidak ada lagi pelangaran hukum yang dilakukan melalui
media computer dan TI lainnya seperti PornoGraphi, data Forgery, Gambling, Fraud, Piracy, dan
Cracker.
1.5. Manfaat
Manfaat yang
dapat Kita Peroleh dalam upaya mencerdeskan dan membijakan masyarakat dalam
pemanfaatan Komputer antara lain:
1.
Masyarakat akan menjadi masyarakat yang bijak dalam
pemanfaatan komputer
2.
Masyarakat dapat berkembang secara bersamaan dengan
perkembangan teknologi
BAB. II
PEMBAHASAN
2.1. Masyarakat Memanfaatkan Komputer
Masyarakat Indonesia pada umumnya
mengunakan Komputer sebatas untuk menikmati atau memanfaatkan Aplikasi-aplikasi
yang ada pada komputer itu, mereka berkreasi lewat media Komputer tanpa
mempertimbangkan lebih jauh dari kemungkinan dampak negatif yang akan mereka
lahirkan dari aplikasi yang mereka gunakan, misalnya Pengunaan Aplikasi seperti
Studio Video yang berupa Convert, Photo editing, dan Pemanfaatan Pendukung
kerja pada Komputer misalnya Scan dan Barning zet super dengan kemudahanya
untuk diperoleh karena kurangnya pengawasan dan sosialisa dalam hal untuk
mengunakan secara bijak maka banyak hal-hal negatif yang dibuat melalui
aplikasi software dan Media Hadware tersebut.
Melihat banyaknya isu social yang
dilahirkan dari hal-hal tersebut, maka sebagai pihak-pihak yang mengerti akan
hal itu sebaiknya dapat ambil adil dalam upaya peneyelamatannya baik itu
kalangan pemerintah, swasta, mahasiswa khsusnya Mahasiswa yang bergerak di
bidak Ilmu Informasi atau Komputer seperti STMIK Bina Bangsa Kendari, dan masyarakat
itu sendiri yang sadar dan mengerti akan Komputer.
2.2. Aplikasi dan Manfaatnya
Dengan
banyaknya software yang berupa aplikasi yang dimiliki secara individu oleh
masyarakat, dan aplikasi tersebut dengan mudanya mereka gunakan seperti Game,
studio Video, dan adanya internet sebagai media Pencari data dan informasi yang
muda di temui oleh masyarakat.
2.2.1. Game / Media Permainan
Permainan ini cepat sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari
oleh generasi muda. Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud
menjadi kenyataan. Tempat permainan tersebar dimana-mana di pusat-pusat
perbelanjaan, rekreasi atau di dekat-dekat sekolah. Sehingga anak-anak muda
mulai melupakan kewajibannya sebagai murid atau sebagai anggota masyarakat.
Para pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik
dan meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.
Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa anak muda yang menyukai
permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer dan pemrogramman akan
tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak digunakan untuk permainan
dari pada pemrogramman.
2.2.2. Studio Video dan
Desai Grafik
Studio Video dan Desain Grafik mempunyai beberapa aplikasi yang tersebar
dengan mudah di masyarakat seperti Ulead Video dan Photoshop aplikasi ini hanya
contoh kecil dari aplikasi untuk mengedit video atau mengedit gambar, pada
dasarnya aplikasi ini untuk pembuatan video documenter yang bermanfaat dan
untuk memperindah gambar atau Foto namun banyak terjadi penyimpangan dalam
pengunaannya misalnya di jadikan media untuk membuat editing video yang
sifatnya manipulasi gambar sehingga terjadi Pelangaran Pencemaran nama baik
misalnya, di buat video atau foto artis atau pejabat dalam bentuk Porno Grafi
atau aksi yang sbenernya hal itu tidak pernah terjadi atau bahkan dijadikan
media menduplikat surat-surat berharga baik data maupun tanda tangan serta
dijadikan media untuk pemalsuan uang.
2.2.3. Internet
Internet adalah kumpulan komputer pribadi yang terkait satu dengan lainnya
dalam bentuk jaringan. Jaringan tercipta melalui saluran telekomunikasi,
seperti telepon. Komputer pribadi dapat berada di berbagai tempat yang
terpisah, baik didalam wilayah nasional maupun internasional.Setiap komputer
pribadi yang tergabung dalam jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk
pertukaran data lateral citra dan suara. Seketika itu dan dalam dua arah.
Istilah lain untuk internet adalah dunia maya
Internet adalah milik masyarakat dunia. Tidak ada orang atau lembaga yang
dapat mengklaim Internet sebagai miliknya sendiri. Sebagai warga internet, anda
dapat melakukan pertukaran teks dan berbagai pesan dengan berjuta manusia dalam
bisnis, akademi, pemerintahan dan organisasi lain, mengakses perangkat lunak,
dokumen tentang seni, politik, kebudayaan, gambar, peta, cuaca, katalog
perpustakaan dan berbagai informasi dari berbagai tempat diseluruh dunia.
A. Interner Perpustakaan Elektronik Masyarakat
Ruang dan waktu merupakan dua permasalahan utama yang dihadapi oleh
Perpustakaan dewasa ini. Biaya yang diperlukan untuk menyimpan buku, majalah,
jurnal, surat kabar dan makalah terus membengkak. Disamping hal itu, beban
petugas perpustakaan untuk melayani pembaca untuk menemukan bahan bacaan yang
diperlukan semakin hari semakin berat karena jumlah bacaan yang semakin
meningkat. Hal ini mengakibatkan lambatnya pelayanan.
Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan bantuan komputer. Komputer pada
sat ini sudah mampu menggantikan katalogdan berdaya tampung besar. Sistem basis
data jugatelah berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlha yang
amat besar. Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali informasi telah
memungkinkan dilakukan pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.
B. Fasilitas yang diberikan Internet Untuk Masyarakat
Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah
pemakainya untuk berkomunikasi dan memeperoleh informasi. Berikut ini dilampirkan
fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh internet, antara lain :
1.E-mail
2.Mailing List (kelompok diskusi)
3.File server/transfer
4.Web/Distributed Multimedia database, serta
5.Video dan Suara
Surat elektronik (E-mail), Dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat
berkirim surat dan file antar komputer keseluruh dunia hanya membayar pulsa
telepon lokal dan berita yang anda kirim akan sampai ketujuan dalam beberapa
menit.
Kelompok diskusi (mailinglist), Fasilitas ini dibangun dengan tekhnik yang
sama dengan proses penyebaran elektronik. Dengan fasilitas ini berita di
distribusikan kebanyak pengguna sekaligus, sehingga penggunanya dapat melakukan
diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat oleh
waktu dan ruang.
File server/transfer. Fasilitas ini memungkinkan anda menyalin file yang
anda perlukan yang ada di internet dan menyimpannya pada file komputer
anda.Web/Distributed Multimedia Database, fasilitas yang memudahkan anda dalam
melakukan navigasi informasi di internet.Fasilitas Video dan Suara, dengan
fasilitas ini anda dapat menemukan suara dan gambar yang banyak tersedia di
internet
2.3. Komputer Dan Isu Sosial Di Masyarakat
Akhir-akhir
ini sangat banyak isu sosial yang berkembang dimasyarakat yang diakibatkan
Teknologi Informasi, miasalnya isu sosial yang paling sering kita dengar adalah
Pornography. Isu ini menjadi permasalahan seluruh masyarakat. Pornhografi dan
Media internet saat ini seakan sajian yang tidak bisa dipisakan, hal ini tidak
bisa kita mungkiri.
Masyarakat
sosial khususnya orang tua anak sangat kwatir dengan keadaan ini. Karena selain
game ada masalah besar yang dihadapi dunia mengenai teknologi khususnya dalam
hal Internet.
Menurut seorang Ahli dalam
mendefinisiakn masyarakat yaitu Prof.M.M. Djojodiguno menyatakan bahwa
masyarakat adalah suatu kebulatan dari pada segala perkembangan dalam hidup
bersama antar manusia dengan manusia. Dengan defenisi ini jika dikaitkan dengan
Perkembangan Teknologi maka masyarakat seakan ikut berpacu berkemabang berusaha
ketaraf yang lebih baik bersama teknologi.
Dengan isu-isu sosial yang begitu
banyak lahir dan berkemabang yang di akibatkan teknologi maka banyak
factor-faktor yang harus kita benahi dalam hubungan teknologi informasi dan
masyarakat.Isu sosial yang sangat luas hari ini adalah Pornografi yang rame di
media internet suda menjadi tugas kita semua untuk mensosialisasikan kepada
masyarakat luas agar selalu fokus pada tujuan baik dalam mengunakan internet
dan hal ini pada dasarnya suda sering coba di hilangkan oleh pemerintah dengan
cara memblokir situs-situs pornografi ini.
BAB. III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian
antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan
kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur- unsur yang ada dapat
menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok
atau masyarakat.
Masalah
sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam
masyarakat dengan realita yang ada.
Isu-isu sosial dapat terjadi di
dalam bidang-bidang seperti:
1. Bidang
informasi dan komunikasi
2. Bidang
ekonomi dan industri
3. Bidang
sosial dan budaya
4. Bidang pendidikan
5. Bidang politik
3.2. Saran
Pada dasarnya Saya menyadari bahwa
banyak kekurang dalam penyusunan makalah sederhana ini, Oleh karena itu saran
dari segalah pihak kami sangat harapkan, bagi kami saran dari semua pihak
adalah bukti bahwa makalah ini mendapat perhatian lebih dari semua pihak. Serta
kritk yang membangun sangat kami rindukan karena bagi kami kritik itu adalah
kripik yang sangat enak untuk di nikmati serta dan dijadikan batu loncata untuk
menjadi lebih baik serta mampu menjaukan makalah ini dari sifat pembodohan
publik dan dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat di segala kalangan.