SISTEM BERKAS





Harddisk
seagate_barracuda_article
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

Usb Flash Disk (Flash Drive Atau Usb Keys)
KeyGhost-USB-512KB-Plugs
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memilikialat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.








CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)
433884_cd
CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang dapat menyimpan data hingga 99 menit.
Contohnya.
1.      1.CD-Rom (Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000 halamat text.
2.      2.CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.
3.      CD-RW (CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.

DVD (Digital Video Disc / Digital Versatile Disc)
DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. DVD memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada CD biasa, yaitu sekitar 4,7 – 17 GB. Kemampuan DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu :
1.      1.Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
2.      2.Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
3.      3.Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
4.      4.Double-sided, double layer kapasitas 17 GB\

Floppy Disk
             Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD). Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan ntuk HD). Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama. 

Zip Drive
              Keterbatasan kapasitas pada floppy disk melahirkan teknologi baru yang disebut dengan Iomega Zip Drive. Perangkat ini terdiri dari floppy drive dan cartridge floppy khusus, yang mampu menampung samapai hampir 100MB data. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan grafik (biasanya berukuran mega bytes), yang sebelumnya tidak mungkin untuk disimpan dalam floppy disk.

Punched Tape

            Pertama kali dikenal menggunakan pita kertas pada tahun 1846 oleh Alexander Bain (penemu dari mesin fax dan pencetak telegraph elektrik). Setiap baris pada pita mewakili satu karakter, tetapi bila anda mudah membuat lipatan anda dapat menyimpan jauh lebih banyak data  menggunakan punched tape dibandingkan dengan punch cards.

The Future?
            Ada bnyak media penyimpanan data modern seperti memory card, namun saat ini telah  dan akan diluncurkan  Blue-Ray dan HD-DVD dua format media yang saling bersaing yang pada dasarnya merupakan versi lain dari compact disk yang dapat mnyimpan lebih banyak data, terima kasih kepada blue-violet laser technology.
            apa yang akan anda katakan tentang Holographic Versatile Disc yang telah dapat menyimpan  160 kali data dibandingkan dengan Blue-Ray. 3.9 TB data di dalam satu disk atau setara 4,600 sampai 11,000 jam video dengan menggunakan format MPEG.

Punch Card
            Merupakan media penyimpanan data yang diketahui paling tua pada tahun 1725 dibuat oleh Basille Bouchon ketika ia melubangi kertas untuk menyimpan susunan pola yang digunakan untuk kain.
Namun pertama kali Punch Card benar-benar digunakan untuk menyimpan beberapa macam data adalah pada tanggal 23 september 1884 oleh Heman Hollerith, sebuah penemuan yang digunakan hampir 100 tahun sampai pertengahan 1970an.
Ini adalah contoh punch card, jenis 90 columns di tahun 1972. Seperti yang anda lihat banyaknya data yang disimpan pada punch card tidaklah banyak, serta kegunaan utamanya bukanlah untuk menyimpan data, ia digunakan untuk menyimpan setingan mesin yang berbeda-beda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama