Tugas E-Commerce Kelas B

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?
Jawab:
Yang dimaksud dengan rantai supply adalah arus material, informasi, uang dan jasa dari bahan mentah oleh pemasok melalui pabrik dan gudang sampai kepada konsumen. E-supply chain adalah rantai suplai yang dimanage secara elektronik, biasanya dengan menggunakan teknologi web. Suuply chain yang digunakan pada E-commerce terbagi menjadi tiga yaitu:
a)      Upstream supply chain
b)      Internal supply chain
c)      Downstream supply chain
Manajemen supply chain digunakan dalam E-commerce untuk untuk mengkoordinasikan beberapa rekan bisnis, beberapa departemen internal perusahaan, beberapa proses bisnis, dan banyaknya pelanggan. Memanage rantai suplai dari medium menjadi besar secara manual hampir mustahil untuk dilakukan. Kebutuhan utama untuk perusahaan medium ke besar adalah berpindah kepada EC sebuah integrasi antara web dan solusi ERP/MRP/SCM.
manajemen supply chain adalah penggabungan dari teknologi untuk meningkatkan operasi dari kegiatan rantai suplai sebaik manajemen rantai suplai. Keberhasilan e-supply chain tergantung pada:
1. Kemampuan semua rekan rantai suplai untuk menunjukkan kolaborasi sebagai asset strategis.
2. Visibilitas informasi diantara keseluruhan rantai suplai.
3.Layanan kecepatan, biaya, dan konsumen.
4. Mengintegrasikan rantai suplai dengan lebih ketat.

2.Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan
Jawab :
  1. e-commerce dapat mengurangi siklus waktu. Karena dengan menggunakan e-commerce, perdagangan dapat berlangsung selama 24 jam dan juga tidak terbatas oleh wilayah. Sehingga perdagangan melalui e-commerce dapat terjadi tanpa harus bertatap muka antara penjual dan pembeli.
  2. e-commerce meningkatkan kinerja karyawanmaksudnya adalah dengan melaukan perdagangan melaui online, karyawan dituntut untuk lebih memiliki kreatifitas dan daya tangkap yang cepat, sehingga karyawan dapat melaksanakan pekerjaannya dengan cepat, lebih mudah dan lebih efisien. Hal ini dilakukan karena, dari tiap department diberikan wewenang unutk mengambil keputusan yang berhubungan dengan masalah yang menyangkut departemen tersebut. Namun kendali tetap berdada pada manajer puncak
  3. memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan, adalah melalui e-commerce pelanggan yang mendapat fasilitas yang memungkinkan mereka melakukan pembelian ranpa batas waktu dan jarak. Dan pelanggan juga dapat menerima fasilitas-fasilitas pendukung lain yang diperlukan seperti informasi produk, keluahan terhadap produk dan layanan yang diberikan.
3.Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!
Jawab:
A.  Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Kelebihan:
o   Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
o   Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
o   Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
o   Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.
Kelemahan:
o    Memakan cukup banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
o    Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
B. Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.
 Kelebihan:
o    Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
o    Berazaskan kepercayaan yang tinggi.
o    Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
o    Kaya akan informasi
o    Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.

Kelemahan:
o    Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
o    Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
o    Ancaman dari pihak-pihak banyak.
o    Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
o    Perlu adanya pihak ketiga.

4. Jelaskan lebih lengkap dengan kata-kata Anda sendiri tentang Karakteristik e-commerce:
  • B2B
  • B2C
  • C2C 
        jawab
a).B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya,    dapat disimpulkan B2B adalah :
v  Disebut juga transaksi antar perusahaan
v  Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
v  Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :

EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.
Contoh:
GlobalMarket Group adalah sebuah perusahaan perdagangan internasional pemasaran. Sekarang dengan lebih dari 30 kantor lapangan serta staf dari 1.000, perusahaan berkomitmen untuk mendirikan GMC (Global Produsen Sertifikat) Masyarakat, di mana manufaktur Cina yang berkualitas didirikan dan dapat berdiri di antara sisanya. Dengan mengikuti pameran global, penawaran marketing dan memberikan solusi sourcing, jembatan pasar global kesenjangan antara pembeli global dan produsen GMC.
b)      B2C (Bussines to Consument )adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
v  Disebut dengan transaksi pasar
v  Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
v  Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
v  Memintaagar barang dikirimkan
Bidang Usaha : Total IT Solution Spesialis dalam Komputer & Software Distribution
Perusahaan kami adalah salah satu produsen profesional khusus di jam tangan. Kami menyediakan berbagai macam jam tangan seperti Rolex, Omega, Breitling, Panerai, Cartier, TAG Heuer dan lebih dari 22 merek. Dan fashion seperti tas LV, Fendi, Coach, Gucci, Chanel dan lebih dari 10 merek handbags.We memiliki pembuat profesional dan proses pengecekan yang ketat, untuk memastikan produk tersebut dalam kualitas tinggi. Kami menyediakan produk-produk bermutu tinggi dan layanan tetapi harga yang paling kompetitif.
c)  C2C ( Consumer to Consumer )
C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu BidHere.com merupakan situs lelang online dunia. Situs ini melelang berbagai macam elektronik, perhiasan, arloji dan aksesoris-aksesoris. Tidak dikenakan biaya untuk mendaftar di situs lelang online ini. Ada batas waktu pelelangan untuk setiap barang yang akan dilelang .

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama